Bagi para Guru RPP sudah sangat akrab karena perangkat pembelajaran yang satu ini tanpa perangkat ini guru akan bingung tidak tahu arah tujuan didalam pembelajaranya, seperti pepatah mengatakan "Anak Kehilangan Induknya". oleh karena itu saya akan share perangkat pembelajaran seni musik SMA kls XI mungkin tidak terlalu sempurna tetapi menurut saya sudah cukup membantu.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Pertemuan ke-1
& 2
Untuk RPP komplit silahkan anda download disini
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
System
pendidikan : SMAN 5 Magelang
Mata
pelajaran : Pend.
Seni Musik
Kelas
/ Semester : XI / I
Alokasi
waktu : 2 x 45 Menit
Standar
Kompetensi : Mengapresiasi Karya Musik
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi makna dan
peranan musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
Indikator : - Mengidentifikasi
karya musik tradisonal daerah Jawa Tengah
- Mendeskripsikan makna musik tradisional dalam
konteks kehidupan budaya
kehidupan
Pertemuan ke-1
& 2
- Tujuan pembelajaran
·
Siswa mendeskripsikan makna musik serta fungsi musik tradisional daerah
jawa Tengah
- Materi pembelajaran
·
Jenis-jenis dan fungsi kesenian jawa Temgah
- Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Praktek
- Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Kegiatan awal
·
Pengkondisian Kelas
·
Mendata kehadiran siswa
b. Kegiatan Inti
·
Guru menuliskan dan menjelaskan tentang jenis-jenis kesenian daerah
jawa barat
·
Siswa menyimak dan mencatat yang dituliskan kesenian daerah yang mereka
ketahui
·
Guru meminta siswa menyanyikan satu lagu daerah yang mereka ketahui
·
Guru meminta siswa menyanyikan satu lagu daerah jawa barat didepan
kelas secara bergantian
c. Kegiatan Akhir
·
Guru menilai hasil kerja siswa
·
Guru menilai praktek siswa
·
Guru menyimpulkan materi pembelajaran untuk menetapkan pemahaman siswa
E. Sumber dan Alat Peraga
Sumber :
Buku Seni Musik
Alat Peraga :
Gitar.
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 5 Magelang
|
Magelang,
Guru Mata Pelajaran
Agung Probo guritna S.Pd
NIP. 19820321 20093 1 004
|
Untuk RPP komplit silahkan anda download disini
0 comments:
Post a Comment